Kamis, 27 Agustus 2020

Yuk Kenali Perkembangan Kognitif Pada Anak


Anak adalah mahluk yang unik, dimana ia memiliki kelebihan dan karakternya sendiri. Ia juga masih dalam masa perkembangan salah satunya adalah perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat menarik perhatian khusus setiap orang tua, karena sangat berkaitan erat dengan prestasi akademik anak. 

Secara umum tahapan perkembangan kognitif  anak terbagi menjadi  menjadi empat periode. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Rentang usia 0 - 24 Bulan

Pada rentang usis 0 – 24 bulan disebut juga dengan tahap sensorimotor. Pada tahapan ini kemampuan kognitif belum berkembang dengan baik, karena ini merupakan tahap awal kehidupan seorang anak. pada rentang usia ini anak memiliki ransangan sehingga ia memiliki keinginan untuk tahu dan mengeksplor (melihat, mengamati, dan merespon rangsangan seperti suara). Selain dari itu pada tahap ini seorang anak sudah memiliki reflex yang baik.

Rentang usia 2 - 7 Tahun

Pada rentang usia ini disebut juga dengan tahap Pra-Operasional. Pada rentang usia ini kemampuan kognitif anak mulai berkembang seperti kemampuan menggunakan symbol dan juga kemampuan intuitif. Hal ini ditandai dengan mampu mengenal angka, mengelompokkan benda sesuai dengan kritria tertentu dan juga menyusun benda sesuai dengan isntrusksi tertentu.

Rentang usia 4 - 7 tahun

Pada rentang ini disebut juga dengan Intuitif. Dimana anak sudah dapat mengenal sesuatu secara abstrak. Anak sudah mampu mengutarakan apa yang dikehendaki meskipun terkadang belum dapat menggunakan bahasa yang tepat. Mulai dapat mewujudkan ide atau gagasan, dan dapat mengenal hubungan sederhana yang bersifat logis. 

Rentang usia 7-11 Tahun

Tahapan ini disebut juga dengan tahap konkret. Dimana anak sudah dapat menghadapi permasalahan yang bersifat nyata atau konkret. Mulai bisa membaca dan berhitung, berfikir logis, dan mengelompokkan objek dengan tepat.

Diatas usia 11 tahun disebut juga dengan tahap Operasional Formal. Dimana anak sudah bisa berfikir abstrak, menyimpulkan dan juga menyelesaikan persoalan yang bersifat abstrak. Agar Perkembangan kognitif anak dapat berkembang sesuai dengan tahapan usianya,pastikan anak diberi makanan bernutrisi. Salah satunya adalah susu Dancow yang mengandung gizi seimbang dan lengkap yang dibutuhkan oleh anak.



0 komentar:

Posting Komentar