Jumat, 17 April 2020

Cara Aman Menggunakan Internet Banking


Kebanyakan orang mempercayakan penyimpanan uangnya pada pihak bank. Untuk menjamin keamanan dana yang disimpan, bank biasanya akan memberikan fasilitas berupa kartu ATM yang hanya bisa digunakan oleh pemiliknya. Selain itu juga sudah ada fasilitas internet banking yang dinilai lebih praktis dan mudah namun tetap aman untuk digunakan dalam berbagai keperluan transaksi.

Untuk mengakses layanan perbankan dengan internet, pengguna diwajibkan memiliki username dengan password atau istilah lain yang mengacu pada kode rahasia. Hal ini memang diharuskan bagi seluruh pengguna layanan sebagai bentuk perlindungan terhadap data pengguna sekaligus dana yang dimilikinya. Agar bisa menggunakan layanan perbankan melalui internet dengan tetap aman, perhatikan cara berikut ini.


source: https://blogger.googleusercontent.com/img/proxy/AVvXsEh2XJ4nQ3Hz3r6EiwPf1T8DM86NhA3QWKh4xu5hISqo8jgkveURsdMoGJGuQ36LuB1WvvFSCJo4KuunuTgoFtDifEuAP97SMiopKpaLCSDCi85ltA5jRSpOB7EFLQdcjRM7u-0zENFOVDTM3RSJh1_RV_LQisooknIBJLlJHbzJP91bVg=

Jaga Kode Rahasia


Untuk layanan perbankan melalui internet, seorang pengguna pasti akan dibekali kode rahasia. Kode rahasia itu berguna sebagai kunci untuk mengakses layanan tersebut. Kode rahasia biasanya terdiri dari kombinasi angka. Beberapa kode rahasia juga mengharuskan adanya kombinasi huruf dan angka. Apapun kode rahasia yang ditetapkan, jagalah agar tidak diketahui orang lain. Pastikan hanya diri sendiri dan orang-orang terdekat dan terpercaya yang mengetahuinya.

Ganti Kode Secara Berkala


Untuk menjaga keamanan penggunaan internet banking, pengguna juga dihimbau untuk melakukan pergantian kode rahasia secara berkala. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi hal yang buruk seperti penipuan atau pembobolan. Pastikan kode yang digunakan bukan kode yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir. Sebaiknya gunakan kombinasi angka yang unik dan tidak biasa.

Jangan Lupa Log Out


Penggunaan layanan perbankan di internet harus diselesaikan dengan cara log out. Pastikan telah keluar dari situs perbankan dengan tahap yang benar. Kelalaian dalam proses keluar ini bisa memperbesar peluang pembobolan. Serta jangan pernah tinggalkan perangkat dalam keadaan sedang membuka layanan ini. Hal ini bisa memberi kesempatan orang lain untuk mengambil alih dan menyebabkan kerugian.

Internet banking adalah layanan yang disediakan oleh Jenius. Aplikasi pengelola keuangan dengan banyak fitur menarik itu juga memberlakukan penggunaan kode rahasia untuk akses masuk. Pastikan merahasiakan kode tersebut bahkan dari pihak Jenius. Kalau perlu, ganti kode tersebut dalam kurun waktu tertentu untuk mencegah kecurangan.


0 komentar:

Posting Komentar