Senin, 25 September 2023

6 Jenis Social Media Campaign yang Perlu Anda Ketahui



Media sosial tidak lagi hanya berperan sebagai media hiburan saja. Namun ada banyak manfaat lainnya, salah satunya yaitu menjalankan social media campaign atau kampanye media sosial. Pemasaran melalui platform media sosial sangat menjanjikan karena penggunanya yang banyak dan beragam. Namun sebelum merancang campaign, Anda harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Inilah Jenis-Jenis Social Media Campaign

Langsung saja, berikut ini jenis-jenis kampanye media sosial yang perlu Anda ketahui:

1. Brand Awareness Campaign

Salah satu jenis kampanye media sosial yang paling sering dilakukan adalah brand awareness campaign. Jenis kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pelanggan pada produk atau brand Anda. Istilah sederhananya meningkatkan brand awareness.

Pada umumnya, perusahaan baru yang paling sering menggunakan brand awareness campaign. Meskipun begitu, banyak juga perusahaan lama yang menggunakannya untuk menjaga eksistensi dan mempertahankan pelanggan lama. Brand awareness campaign di media sosial setidaknya perlu dilakukan satu tahun sekali. 

2. Sales Campaign

Jenis campaign selanjutnya bernama sales campaign. Sales campaign sendiri adalah sebuah campaign untuk memperkuat strategi pemasaran produk. Tujuan utama campaign tentu saja untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Menjalankan sales campaign tentu saja menjadi hal yang sulit. Pasalnya sales atau penjualan merupakan tujuan utama dalam berbisnis. Meskipun begitu, biasanya sales campaign dijalankan bersama dengan promo tertentu.

3. Product Launching Campaign

Jenis social media campaign selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah product launching campaign. Brand yang baru meluncurkan produk membutuhkan promosi lebih banyak agar pelanggan mengetahui produk baru tersebut.

Nah, product launching campaign ini membantu memaksimalkan perilisan produk baru. Biasanya product launching campaign dilakukan dengan kolaborasi bersama influencer atau KOL (Key Opinion Leaders).

4. User Generated Content

User Generated Content atau dikenal UGC merupakan jenis social media campaign yang sangat disukai pebisnis. Pasalnya melalui kampanye ini, target pasar bisa mengetahui kehadiran sebuah produk.

Kampanye UGC sendiri meminta pelanggan untuk membagikan pengalaman menggunakan produk. Nanti pelanggan tersebut akan menuliskan pengalamannya di media sosial menggunakan hashtag yang telah ditentukan. 

Target pasar atau pelanggan baru bisa menggunakan UGC sebagai kesempatan untuk melihat review produk. Semakin banyak pelanggan yang membagikan pengalamannya di media sosial, maka akan semakin mudah produk Anda dikenal masyarakat secara luas. 

5. Campaign Contest

Campaign contest merupakan jenis kampanye yang akhir-akhir ini populer di media sosial. Kampanyenya berupa lomba yang sesuai dengan brand Anda. Tujuan dari kampanye yaitu meningkatkan engagement, followers, dan lain sebagainya. Ada banyak bentuk lomba yang bisa digunakan untuk pemasaran di media sosial.

6. Giveaway

Terakhir adalah giveaway. Sebenarnya, giveaway termasuk salah satu bentuk campaign contest. Sekarang ada banyak sekali brand yang melakukan giveaway untuk mendapatkan engagement yang tinggi.

Giveaway sendiri yaitu pemberian secara gratis kepada audiens yang memenuhi syarat. Hadiah giveaway biasanya produk yang dipromosikan. Sayangnya, terkadang audiens yang mengikuti giveaway kurang relevan dengan target pasar. 

Jasa Digital Agency untuk Semua Kebutuhan Pemasaran

Digital agency adalah agensi yang bekerja menawarkan layanan digital. Salah satu layanan yang biasanya ditawarkan yaitu social media campaign. Jika menggunakan jasa agensi, maka hasilnya akan jauh lebih efektif dan efisien. Pasalnya, agensi memiliki kompetensi untuk merancang dan menjalankan campaign dengan baik.

IDEOWORKS.ID merupakan agensi dengan layanan yang lengkap. Anda bisa memesan layanan media sosial untuk membantu meningkatkan brand awareness, penjualan, engagement, dan lain sebagainya. Ayo tunggu apalagi, jadikan IDEOWORKS.ID sebagai partner Anda!

0 komentar:

Posting Komentar