Minggu, 05 Januari 2020

Tips Olahraga yang Baik dan Aman Bagi Ibu Hamil

ibu hamil
Melakukan olahraga secara rutin dan teratur memang penting bagi kesehatan fisik dan mental Ibu sedang hamil. Akan tetapi, disarankan oleh bidan di Bandung yaitu Bidan Sela bahwa Ibu yang sedang hamil diharuskan untuk selalu berhati-hati ketika memilih jenis olahraga yang aman dan bagus. 

Memang, aktivitas fisik sangat disarankan buat kehamilan demi menunjang kelancaran proses persalinan. Karena, jika Bunda semakin aktif dan bugar, Maka akan semakin mudah proses persalinan yang dijalani. Dibawah ini adalah berbagai tips olahraga yang baik dan aman dilakukan oleh ibu yang sedang hamil.

Selalu Hati-hati pada Tahap Kehamilan pertama

Ketika Bunda memasuki kehamilan tahap pertama atau menjelang usia kehamilan 12 minggu. Karena fase ini merupakan fase di mana risiko keguguran sangat tinggi sekali. Maka dari itu, Para Ibu hamil sebaiknya berhati-hati dalam memilih jenis olahraga pada usia kehamilan ini. Pilih olahraga yang memang mudah dilakukan dengan memiliki intensitas ringan. 
ibu hamil
Jadi, Ketika Bunda melakukan olahraga dengan intensitas sedang dan tinggi hanya akan meningkatkan suhu janin yang berisiko pada timbulnya gangguan sistem saraf pusat. Maka, selalu perhatikan perubahan pada tubuh dan ketahui dengan baik kapan Bunda harus mengurangi intensitas olahraga. Ketika dalam periode ini, melakukan olahraga dapat menghilangkan rasa cemas dan meningkatkan kepercayaan diri yang lebih. 

Jangan Berganti-Ganti Jenis olahraga 

Perlu diketahui bahwa wanita yang sedang hamil disarankan untuk melakukan olahraga yang sudah pernah dilakukan supaya tubuh dapat cepat beradaptasi dan menyesuaikan intensitas dengan kebutuhan yang diinginkan. Karena dengan kamu melakukan olahraga jenis baru dan dicoba saat hamil akan membuat adaptasi tubuh lebih lama dan berpotensi menimbulkan bahaya terhadap janin.

Hindari Menahan Napas yang Berlebihan

Ketika Bunda berolahraga saat hamil, maka jangan menahan napas terlalu lama saat menjalaninya. Karena, oksigen sangat berperan penting untuk perkembangan dan juga pertumbuhan janin. Bunda disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang membutuhkan aktivitas menahan napas dalam waktu lama seperti angkat berat, plank dan yang lainnya.

Hindari Olahraga Dengan Berbaring Telentang

Hindari melakukan olahraga dengan tubuh berbaring telentang. Hal ini akan membatasi aliran darah dari dan ke jantung. Karena, aliran darah yang tidak sempurna akan berbahaya bagi ibu hamil dan janin didalam kandungan.

Hindari Olahraga Yang Gerakannya Menekan Pada Perut

Hindari olahraga yang memusatkan tekanan pada intra-abdominal atau bagian rongga perut. Misalnya gerakan olahraga seperti sit-up, plank, dan gerakan isometrik lainnya tidak dianjurkan saat hamil.

0 komentar:

Posting Komentar